TANYA JAWAB (FAQ) MYPERTAMINA

  1. Q : Apa yang dimaksud dengan MYPERTAMINA?
    A : MYPERTAMINA adalah suatu program loyalty milik PT. Pertamina (Persero) yang memberikan user experience mudah dan praktis kepada seluruh pelanggan Pertamina. Program MYPERTAMINA ini berfungsi dalam rangka mensukseskan cashless payment (sistem pembayaran non-tunai) dan sarana pelanggan untuk mendapatkan poin / reward serta memanfaatkan fitur-fitur pembelian lainnya di berbagai merchant yang telah bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) melalui MYPERTAMINA Loyalty Program.

 

  1. Q : Apa saja fitur layanan MYPERTAMINA?
    A : Fitur MYPERTAMINA yang dapat dinikmati oleh member adalah sebagai berikut:
  • Lokasi SPBU terdekat
  • Cashless payment melalui direct debit LinkAja!
  • Pembelian BBM Pertamina di SPBU yang telah memiliki EDC Pertamina
  • Pembelian food & beverages di Bright Store Pertamina
  • Riwayat transaksi
  • Informasi produk dan layanan Pertamina
  • Pembelian serta informasi program promo produk-produk merchant yang telah bekerjasama dengan Pertamina.
  1. Q :Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari MYPERTAMINA?
    A : Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati member, adalah sebagai berikut:
  • Cash Less payment by scan QR – Sebagai pengganti pembayaran uang tunai
  • Mobile Use – Dapat digunakan di telepon seluler
  • Easy Registration – Praktis dan mudah untuk pendaftaran melalui aplikasi online
  • Real Time – Semua transaksi terjadi dan dibayarkan pada saat itu juga
  1. Q :Melakukan transaksi yang ada di MYPERTAMINA, apakah aman?
    A: Tentu saja aman (selama telepon seluler member ada dan tidak memberitahukan PIN)
  • Pada saat melakukan registrasi MYPERTAMINA, calon member/pendaftar akan mengisi form identitas dan akan menerima 6 digit PIN (sementara – yang harus diganti demi keamanan member bertransaksi) melalui SMS.
  • Setiap member yang ingin login ke akun MYPERTAMINA, member diharuskan memasukkan nomor telepon (yang telah didaftarkan) dan 6 digit PIN (yang telah diganti/PIN baru); yang setelah itu, member diharuskan memasukkan kode OTP yang diterima SMS (agar member merasa aman).
  • Transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi MYPERTAMINA dan menggunakan menu QR untuk membaca QR Code dari EDC yg dberikan oleh petugas yang ada di SPBU (pastikan saldo Anda member MYPERTAMINA mencukupi) dan saldo akan berkurang sesuai dengan transaksi pembelian yang terjadi pada saat hari pengisian BBM tersebut. Pastikan jarak ponsel Anda cukup aman dari dispenser dan pembayaran dilakukan setelah selesai pengisian.
  1. Q :Bagaimana cara mendapatkan layanan MYPERTAMINA?
    A: Pemilik smartphone dapat mengunduh aplikasi MYPERTAMINA di Apps Store ataupun Google Play. Setelah itu, calon member dapat melakukan registrasi MYPERTAMINA dengan mengisi beberapa data singkat seperti :

    • Nama Lengkap
    • Nomor Handphone (format 08-
    • Email Pribadi
  1. Q :Apakah member akan dikenakan biaya untuk setiap transaksi MYPERTAMINA yang dilakukan?
    A : Tidak, member MYPERTAMINA tidak dikenakan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan; hanya dipotong sesuai nominal transaksi pembelian saja.

 

  1. Q :Apakah nomor telepon yang sama dapat didaftarkan berulang kali?
    A :Tidak, satu nomor telepon seluler hanya dapat didaftarkan sekali saja.

 

  1. Q :Bagaimana cara mengganti nomor telepon seluler?
    A :Member dapat mengajukan pergantian nomor telepon seluer dengan mengirimkan surat pernyataan (hardcopy/softcopy) kepada Pertamina (pcc@pertamina.com) dengan memberikan alasan yang kuat seperti nomor sudah tidak digunakan atau telepon seluler hilang.

 

  1. Q: Apakah member dapat memiliki lebih dari satu MYPERTAMINA?
    A : Ya, member dapat memiliki lebih dari satu akun MYPERTAMINA; selama nomor yang digunakan berbeda (di perangkat device yang berbeda pula) dan tetap melalui proses KYC dan verifikasi akun.

 

  1. Q : Apakah ada batasan saldo minimum pada MYPERTAMINA?
    A : Saldo di dalam aplikasi MYPERTAMINA adalah saldo LinkAja!!. Pengaturan saldo tersebut sesuai dengan ketentuan di LinkAja!!

 

  1. Q :Berapa batasan transaksi dari 1 (satu) akun MYPERTAMINA?
    A : Batas nilai transaksi dari 1 (satu) MYPERTAMINA sesuai dengan ketentuan di LinkAja!!

 

  1. Q :Bagaimana member terinformasi transaksi berhasil atau gagal?
    A : Member akan menerima notifikasi berhasil setiap setelah melakukan transaksi. Member juga dapat melihat status berhasil atau gagal di ‘Riwayat Transaksi’.

 

  1. Q :Apa yang harus dilakukan member MYPERTAMINA bila sudah mengikuti petunjuk
    A : untuk melakukan transaksi, lalu ternyata transaksi gagal?
    Member disarankan cek saldo dan histori transaksi terlebih dahulu. Apabila ternyata saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silahkan mencoba lagi untuk bertransaksi. Namun, bila saldo sudah berkurang dan transaksi tidak berhasil dilakukan, silahkan hubungi email info@LinkAja!.id, helpdesk 188 atau Grapari terdekat.

 

  1. Q :Bagaimana bila member MYPERTAMINA lupa PIN?
    A : Member dapat melakukan reset PIN melalui aplikasi MYPERTAMINA. Disarankan segera mengganti PIN sementara untuk menghindari terjadinya lupa PIN.

 

  1. Q : Bagaimana jika member MYPERTAMINA ingin mengganti PIN?
    A : Member MYPERTAMINA dapat membuka aplikasi MYPERTAMINA dan mengikuti langkah-langkah untuk melakukan penggantian PIN.

 

  1. Q : Apakah member MYPERTAMINA Mobile akan kehilangan saldo/uang yang dimiliki di MYPERTAMINA bila SIM Card atau telepon seluler hilang atau dicuri?
    A : Tidak, saldo/uang member aman di akun MYPERTAMINA, selama tidak ada orang lain yang mengetahui PIN member (untuk bertransaksi).

 

  1. Q : Apakah MYPERTAMINA berpengaruh dengan adanya kebijakan Uang Elektronik LinkAja!?
    A : Ya, akun MYPERTAMINA saat ini akan berpindah dan terkoneksi menjadi LinkAja! (yang sebelumnya menggunakan MC Mobile Cash).

 

  1. Q : Bagaimana member terinformasi adanya perubahan LinkAja!?
    A : Member MYPERTAMINA sebelumnya menerima notifikasi aplikasi/SMS pemberitahuan dan dipandu untuk proses perpindahan / pengaktifan menjadi LinkAja!.

 

  1. Q :Apakah member MYPERTAMINA akan kehilangan saldo dengan adanya perubahan menjadi ke LinkAja!?
    A : Tidak. Saldo Anda tidak akan hilang dengan adanya perubahan ke LinkAja!. Member cukup mengunduh aplikasi LinkAja! dan melakukan registrasi sesuai dengan prosedur yang ada.

 

  1. Q : Apakah saldo MYPERTAMINA akan berpindah secara otomatis ke LinkAja! setelah adanya pelaporan?
    A : Tidak. Saldo tidak akan berpindah secara otomatis ke LinkAja!. member MYPERTAMINA dapat melakukan pemindahan saldo ke akun LinkAja! dengan mekanisme / prosedur yang telah ditetapkan oleh LinkAja!.

 

  1. Q : Bagaimana cara melakukan pendaftaran dan pengaktifan LinkAja!?
    A : Member MYPERTAMINA diharuskan untuk mengunduh aplikasi LinkAja! dan melakukan proses registrasi serta verifikasi / validasi akun seperti pertama kali ketika melakukan proses registrasi di MYPERTAMINA.